Jenis Jenis Modem Lengkap

NicheTeknologi.com - Modem adalah alat yang mengubah antara sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya. Modem mengubah sinyal digital dari komputer pengirim sinyal analog yang akan ditransmisikan melalui saluran telepon. Ketika sinyal mencapai tujuannya, modem lain merekonstruksi sinyal digital asli, yang diproses oleh komputer penerima.

Kali ini NicheTeknologi.com akan memberikan informasi tentan jenis-jenis modem secara lengkap dan di sertai penjelasanya. 

Berikut jenis-jenis modem :

1. Modem ISDN

ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas. 

 
Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah.

Para pemakai juga memiliki akses standar melalui satu set interface pemakai jaringan multiguna standar. ISDN merupakan sebuah bentuk evolusi telepon local loop yang memepertimbangkan jaringan telepon sebagai jaringan terbesar di dunia telekomunikasi.

2. Modem GSM

 
Modem GSM ialah suatu jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer data. Modem GSM dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi dari berbagai provider apapun asalkan sifatnya GSM.

3. Modem Analog

 
Modem yang membuat dari bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital. Sampai sekarang modem ini masih banyak di gunakan.

4. Modem ADSL


Modem ADSL atau Asymetric Digital Subscribe Line dapat memungkinkan untuk mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersama-sama. Caranya juga terbilang cukup mudah, untuk ADSL diberikan suatu alat yang disebut Splitter. Posisi Splitter atau pembagi line ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Tidak disarankan mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. 

Terdapat sebuah alat yang bernama Splitter berfungsi untuk menghilangkan gangguan pada saat memakai ADSL modem. Dengan menggunakan Splitter keduanya dapat berjalan secara bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab serta menelpon seseorang dengan menggunakan telepon biasa. Pengguna juga tetap terkoneksi dengan internet yang melalui ADSL modem.

5. Modem Kabel


Modem kabel ialah suatu modem yang dapat menerima data langsung dari suatu penyedia layanan lewat TV Kabel.

6. Modem CDMA


Modem CDMA ialah modem yang memakai frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Yang terbaru pada saat ini yaitu menggunakan frekuensi EVDO Rev-A atau setara dengan 3G serta teknologi CDMA yang terbaru ialah EVDO Rev-B.

Mungkin itu saja informasi dari NicheTeknologi.com tentang jenis-jenis modem.

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa subscribe dan share ya :)

0 Response to "Jenis Jenis Modem Lengkap"

Post a Comment