Fungsi Modem Pada Jaringan Komputer



NicheTeknologi.com - Modem adalah alat yang mengubah antara sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya. Modem mengubah sinyal digital dari komputer pengirim sinyal analog yang akan ditransmisikan melalui saluran telepon. Ketika sinyal mencapai tujuannya, modem lain merekonstruksi sinyal digital asli, yang diproses oleh komputer penerima.

Fungsi Modem

Pada intinya fungsi modem merupakan suatu perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi untuk komunikasi 2 arah yang dapat mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya guna mengirimkan pesan atau data ke alamat yang dituju.

Komputer mengirimkan informasi dari bentuk sinyal digital. Tapi informasi yang melalui saluran telepon harus ditransmisikan ke dalam bentuk sinyal analog. Guna mengatasi permasalahan tersebut, modem dapat berfungsi untuk mengubah sinyal digital ke sinyal analog. 

Sinyal analog yang dibawa yang melalui saluran telepon. Ketika sinyal mencapai kepada komputer lain, sinyal analog diubah lagi ke bentuk digital oleh modem.

Berikut adalah beberapa fungsi dari modem :

  • Mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya
  • Menghubungkan perangkat dalam suatu jaringan
  • Melakukan modulasi serta demodulasi
  • Melakukan komunikasi serta pemeriksaan paket data
  • Mengkompresi data dikirim yang melalui sinyal

Mungkin itu saja dari NicheTeknologi.com tentang fungsi modem pada jaringan komputer.

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa subscribe dan share ya :)


Baca Juga :

0 Response to "Fungsi Modem Pada Jaringan Komputer"

Post a Comment